Diskusi Tumbuhan Mangrove

Selamat malam...

Ada yang tahu tumbuhan mangrove? Kali ini kita akan berdiskusi mengenai tumbuhan ini. Sebelum membaca artikel, baca dulu petunjuk diskusinya ya

Petunjuk diskusi:
1.    Bacalah artikel di bawah ini!
2.    Jawablah pertanyaan yang diberikan guru di kolom komentar!
3.    Bagi siswa yang sudah menjawab pertanyaan dilarang menjawab kembali!
4.    Poin akan diberikan kepada siswa yang menjawab dengan benar dan cepat


Mangrove



Menurut Macnae (1968), mangrove berasal dari Bahasa Portugis mangue dan bahasa Inggris grove. Selanjutnya, menurut Tomlinson (1986) dan Wightman (1989), mangrove adalah tumbuhan yang terdapat di daerah pasang surut maupun sebagai komunitas.

Kita sering menyebut hutan di pinggir pantai tersebut sebagai hutan bakau, walaupun ini tidak tepat, karena bakau adalah nama lokal untuk menyebut salah satu jenis mangrove, yaitu Rhizophora.

Akhir-akhir ini banyak bermunculan komunitas pecinta mangroove. Salah satunya adalah KeSEMaT yang ada di Semarang. Mereka menyadari bahwa mangrove butuh dihijaukan dan diselamatkan. mereka berjuang mati-matian untuk menyelamatkan ekosistem mangrove dari kerusakan.

Simbol organisasi mereka adalah akar mangrove yang memiliki arti sebuah keseimbangan. “Mangrove wajib dibudidayakan, karena mangrove butuh manusia dan manusia butuh mangrove,” kata Presiden KeSEMaT.

Nah berhubung kita sedang membahas materi struktur dan fungsi tumbuhan. Ada yang tahu akar mangrove ini termasuk akar tunggang atau serabut?


6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sistem perakaran mangrove yang kompleks dan rapat, lebat fungsinya untuk apa?

    BalasHapus
  3. mengurangi erosi dan tempat hidup ikan (putrika N)

    BalasHapus
  4. Apa manfaat dari tumbuhan mangrove sehingga perlu diselamatkan dan dihijaukan kembali?

    BalasHapus